6/07/2015 02:09:00 PM
2
pengenalan SQLAssalamualaikum...

Berjumpa lagi pada materi perkuliahan basis data. :D

Nah, untuk perkuliahan mata kuliah basis data ini saya paling seneng kalu sudah sampai ditahap ini. Seperti yang sudah saya katakan pada artikel sebelumnya untuk artikel kali ini pembahasan yaitu mengenai SQL dan tentunya saya akan mengimplementasikannya menggunakan MySQL.

Banyak keunggulan dari mysql dan tentunya ada pula kelemahannya. Namun pada artikel ini saya tidak akan membahas secara gamblang mengenai MySQL itu sendiri melainkan saya akan membahas mengenai cara mengimplementasikan apa yang telah kita buat pada erd dan mapping table.

Sebelum masuk ketahap yang lebih jauh lagi kita haru tahu dulu apa sih itu SQL. Yuk langsung saja...

SQL merupakan kependekan dari Structured Query Languange atau dalam bahasa indonesianya yaitu bahasa query yang terstruktur. SQL digunakan untuk melakukan operasi terhadap basis data seperti pembuatan database, pembuatan table, penambahan data, pengubahan data pencarian data serta penghapusan data. SQL umumnya terdiri dari DDL (Data Definition Languange) dan DML (Data Manipulation Languange).

DDL memiliki fungsi sebagai berikut:

Membuat ataupun menghapus database yang dinyatakan dengan perintah CREATE DATABASE dan DROP DATABASE.
Membuat ataupun menghapus table yang dinyatakan dengan perintah CREATE TABLE dan DROP TABLE.
Memodifikasi table yang dinyatakan dengan perintah ALTER TABLE.

Sedangkan DML terdiri dari:

Mengisi table dengan data yang dinyatakan dengan perintah INSERT.
Mengedit data table yang dinyatakan dengan perintah UPDATE.
Menghapus data pada table yang dinyatakan dengan perintah DELETE.
Mencari data pada table yang dinyatakan dengan perintah SELECT.

Nah, selanjutnya mari kita implementasikan studi kasus yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya yakni pemetaan ERD kedalam tabel.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat basis data, dimana operasi ini tergolong dalam DDL (Data Definition Languang). Untuk penamaan databasenya itu terserah pada kita, tapi lebih baiknya memberi nama yang berkaitan dengan ERD yang telah kita rancang.

Oh iya, disini saya mengguanakan paket xampp dalam memanajemen basis data. mudah-mudah sudah pada tau mengenai xampp. :D

Langkah pertama yaitu buka shell yang terdapat pada xampp control panel atau bisa juga mengguakan comand line. Jangan lupa klik start mysql jika mengguakan xampp.

Ketikkan perintah mysql –u root –p lalu tekan enter, maka akan diminta untuk memasukkan password. Tekan enter aja...

Selanjutnya yaitu membuat database dengan cara mengetikkan perintah CREAT DATABASE kuliah;

Selanjutnya ketikkan perintah use kuliah. Perintah tersebut berfungsi untuk mendefinisikan bahwa kita akan mengoperasikan database dengan nama kuliah.
Langkah selanjutnya yaitu membuat table yang telah kita rancang.

perintah untu membuat table

Untuk menampilkan struktur table yang kita buat gunakan perintah berikut:

perintah untuk menmpilkan struktur table

Untuk merubah nama kolom maka ketikkan perintah berikut:

perintah untuk mengubah nama kolom pada table

Nah, mudah bukan...??? :D

Perlu saya katakan bahwa hal diatas merupakan implementasi dari fungsi DDL dan masih banyak lagi perintah yang bisa digunakan.

Mungkin cukup sekian artikel pengenalan bahasa SQL. Untuk artikel selanjutnya yaitu mengenai penerapan operasi DML (Data Manipulation Langunage).

See you next time,

Wasslamualaikum... 

2 komentar:

  1. wah lumayan sulit juga ya kak belajar pemograman sgl ini, saya nggak paham nih soalnya dulu hany belajar komputer pada kelas 3 sma saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mbak eka ini dari dulu merendah muluk... :-s
      padahal jago tu sama pemrograman... :>)

      Hapus