6/07/2015 12:55:00 PM
0
Assalamualaikum...

Mapping table merupakan proses perubahan dari model data konseptual atau yang biasa dikenal dengan ERD kedalam bentuk model data phisik. Jadi setelah kita merancang model basis data dengan ERD tahap selanjutnya yaitu memetakkan entitas-entitas ataupun relasinya kedalam sebuah table. Mapping table mempunyai ketentuan yaitu setiap entitas pasti berubah menjadi table serta atributnya akan menjadi field dari table tersebut. Sedangkan relasi bisa berubah menjadi table dan bisa juga tidak.

Belum tau apa itu ERD? Baca dulu nih artikel mengenai pengertian ERD

Dibawan ini merupakan beberapa aturan transformasi relasi:
  • Entitas dengan derajat relasi 1-1 maka relasi tidak menjadi table, melainkan dilakukan penambahan atribut relasi ke table yang mewakili salah satu entitas yaitu primery key dari relasi yang kardinalitas minimum.
  • Entitas dengan derajat relasi 1-N maka relasi tidak menjadi table melainkan dilakukan penambahan primary keydari entitas berderajat 1 ke entitas berderajat N.
  • Entitas dengan derajat relasi N-N maka relasi tersebut akan menjadi sebuah table. Dimana pada table tersebut akan ditambahkan primary key dari entitas yang berhubungan.

Dari pada ke teori yang bikin pusing alangkah lebih baiknya langsung kita implementasikan saja melalui contoh kasus.


Contoh kasus untuk relasi 1-1 dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
derajat relasi 1 ke 1

Cntoh derajat relasi 1-N:
derajat relasi 1 ke N

Sedangkan untuk relasi berderajat N-N relasi tersebut akan menjadi table baru. Berikut contoh gambar dari kasus ini:
derajat relasi N ke N
Nah, itulah yang dimaksud dengan Mapping Table dimana setiap entitas yang ada pada ERD akan diubah menjadi table sedangkan untuk relasinya hanya relasi yang mempunyai derajat N-N saja yang akan diubah menjadi table.

Tahap pemetaan table sudah selesai. Untuk tahap selanjutnya yaitu mengimplementasikan table yang telah kita buat dengan menggunakan MySQL.

Sekian untuk artikel mengenai Mapping Table, selamat berjumpa kembali dipembahasan mengenai MySQL.

See you next time,



Wassalamualaikum...

0 komentar:

Posting Komentar