3/12/2014 07:00:00 AM
1
Pengertian PHP dan Contoh ScriptnyaApakah PHP itu?
PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertextcessor. Ia merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Hasilnyalah yang dikirimkan ke client, tempat pemakai menggunakan browser. Secara khusus PHP dirancang untuk membentuk web dinamis. Artinya ia bias membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Sebagai contoh adalah anda bisa menampilkan isi database ke halaman web.
Sejarah singkat PHP
Kelahiran PHP bermula saat Rasmus Lerdorf membuat sejumlah skirp Perl yang dapat mengamati siapa saja yang dapat melihat-lihat daftar riwayat hidupnya, yakni pada tahun 1994. Skirp-skirip ini selanjutnya dikemas menjadi tool yang disebut “Personal Home Page”. Paket inilah yang menjadi cikal-bakal PHP. Pada tahun 1995 Rasmus menciptakan PHP/F1 Versi 2. Pada versi inilah pemrograman dapat menempelkan kode tersruktur didalam tag HTML. Yang menarik kode PHP juga dapat berkomunikasi dengan database dan melakukan perhitungan-perhitungan yang kompleks sambil jalan.
Pada awalnya PHP dirancang untuk diintegrasikan dengan web server Apache. Namun belakangan ini PHP juga dapat bekerja dengan web sever seperti PWS(Personal Web Server), IIS(Internet Information Server), dan Xitami.
Untuk mencoba PHP anda tidak perlu menggunakan computer berkelas server. Dengan hanya computer biasa anda juga dapat mempelajari dan mempraktekan PHP. PHP juga bersifat bebas dipakai (Free). Anda tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan perangkat lunak ini, Anda dapat mendownloadnya melalui situs www.php.net.
Skrip PHP berkedudukan sebagai tag dalam HTML. Untuk mengetahui apa itu HTML silahkan klik disini. Sebagaimana diketahui HTML adalah bahasa standar untuk halaman-halaman Web. Berikut ini merupakan contoh kode PHP dalam html yang disimpan dengan ekstensi php.

<html>
<title>::Belajar PHP::</title>
</head>
<body>
Selamat belajar kode PHP.<br>
<?php
$nama = “Tofa Riyadi”;
Printf(“ Hello, %s”, $nama);
?>
</body>
</html>

File tersebut disimpan dengan ekstensi php. (belajar.php).
Penjelasan:
Nama merupakan nama variable. Pada PHP variable selalu diawali dengan tanda $.
$nama = “Tofa Riyadi:;
Merupakan pernyataan untuk membuat string “Tofa Riyadi” ke variable nama. Selanjutnya,
Printf ( “Hello, %s, $nama);
Merupakan pernyataan yang digunakan untuk menampilkan tulisan “Halo,” diikuti dengan nilai yang terletak disebelah kanan koma yaitu variable nama. Tanda %s merupakan format untuk string.
hasilnya adalah:  Hallo, Tofa Riyadi
Perlu diingat kode php selalu diawali dengan <?php dan diakhiri dengan ?> dan sebuah pernyataan selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;).
Nah , itulah sefikit ulasan mengenai PHP. Mudah-mudah dengan saya menulis artikel ini  pembaca dapat memahami apa itu PHP dan mengetahui hal dasar dalam PHP.

sumber referensi artikel : Buku Dasar Pemrograman WEB Dinamis Menggunakan PHP karya Abdul Kodir.

sumber image: http://mahendra232.yu.tl/menghilangkan-tag-html-pada-php.xhtml

1 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA Di Jamin Murah!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : D364EDCB

    BalasHapus