10/09/2015 09:38:00 PM
0
Assalamualaikum...
Sudah lama rasanya nggak ngeblog.  :D
Nah sekarang ada kesmpatan buat ngeposting artikel lagi., itupun karna adanya tugas praktikum mata kuliah Teknologi Wireles dan Aplikasinya (TWA). J
Apa yang akan dibahas?
Pada kesmpatan ini saya akan memberikan tutorial tentang Instalasi Mikrotik dan Remote Mengunakan VirtualBox.

Hal yang perlu dilakukan yaitu menginstal terlebih dahulu virtualbox serta mendownload file mikrotik yang ada di website mikrotik.co.id. Setelah semua persiapan yang dibutuhkan sudah ada maka selanjutnya mari kita install file mikrotiknya di vortualbox. Perlu diketahui bahwa ketika menginstal mikrotik jangan sampai langsung diinstall pada komputer kita. Karna hal tersebut akan menghapus semua data yang ada.
Langkah pertama buka virtualbox lalu klik icon new untuk membuat OS baru. Maka akan tampil kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini, Isilah dengan nama MikrotikOS.

Klik next
Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah

Seting memorinya 64 MB saja lalu klik next.

Pada kotak dialog tersebut pilih create a virtual hardisk now, klik next.
Pada tahap ini kita harus memilih type hardisk MikrotikOS kita, dalam kasus ini kita pilih type hardisknya VDI (Virtual Disk Image) langsung next saja.

Pilih Dynamically allocated dan next.

Biarkan saja secara default yaitu 2.00 GB, Klik create

Jika sudah melakukan langkah-langkah maka kita akan di bawa ke tampilan berikut ini:

Langkah selanjutnya kita akan setting MikrotikOS kita biar first boot-nya lewat CD dengan cara Klik Icon Setting pada Icon Bar-->System, pada bagian boot order OPTICAL dibuat paling atas.

Klik bagian Network untuk melakukan setting jaringan pada MikrotikOS kita. Untuk settingnya kita bisa ikut seperti gambar dibawah ini.



Masuk ke bagian Storage untuk memasukan ISO Mikrotik ke dalam Disk virtual kita, dan cari tempat anda menyimpan file iso Mikrotiknya yang sudah di download jika sudah langsung OK.

Langsung Start aja kita akan dibawa ke instalasi mikrotiknya, tekan a untuk memilih semua dan i untuk install selanjutnya tekan y saja untuk melanjutkan, proses install berjalan.

Tekan enter untuk reboot system.

Ubah First Boot-nya dari optical menjadi Hard Disk.
Login mengunakan username: admin, password: dikosongkan saja.
Buka winbox dan masukan user mac address mikrotik kita dengan cara mengklik  tanda "..."
Berikut tampilan winbox jika sudah connect dengan mikrotik kita.

Copy software ID dan paste-ke form pada website mikrotik.com login ke account mikrotik.com bagi yang sudah punya account bagi yang belum silahkan mendaftar terlebih dahulu. kemudinan pilih make a demo key, masukkan ID dari mikrotik yang telah kita install tadi kemudian pilih next selanjutnya pilih save chages and finis.

Klik paste key

Selesai sudah perjalanan kita pada tutorial tentang cara Instalasi Mikrotik dan Remote Mengunakan VirtualBox.

Wassalamualaikum...

0 komentar:

Posting Komentar