5/23/2015 12:42:00 AM
0

apa itu derajat relasi
Assalamualaikum...

Apa itu derajat relasi?

Oops, sabar kawan... :D
Sebelum menyimak materi ini alangkah lebih baiknya disimak dulu materi sebelumnya yakni mengenai apa itu erd?

Tidak dapat dipungkiri bahwa materi ini masih berhubungan dengan materi sebelumnya. Setelah kita dapat membuat erd, sekarang waktunya kita menentukan derajat relasi dari entitas-entitas yang mempunyai relasi antara satu dengan yang lainnya. TTM mungkin... :D

Apa itu relasi?

Relasi merupakan hubungan antara suatu himpunan dengan himpunan entitas yang lainnya. Pada penggambaram diagram hubungan entitas, relasi adalah perekat yang menghubungkan suatu entitas dengan entitas lainnya. Relasi merupakan hubungan yang berarti antara suattu entitas dengan entitas lainnya. Frasa ini berimplikasi bahwa relasi mengijinkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan hubungan suatu entits dengan lainya. Hubungan dibedakan antar bentuk hubungan antar entitas dengan isinya masing-masing. Misalnya kasus hubungan antara entitas pegawai dan entitas bagian adalah jam kerja, sedangkan isi hubungannya dapat berupa total jam kerja, gaji lembur. Relasi digambarkan dalam bentuk intan. Pada model data relasi hubungan antar data dihubungkan dengan kunci relasi. Tipe hubungan di antara beberapa buah tipe entitas adalah kumpulan dari relasi di antara entitas-entitas dari tipe entitas tersebut.
Sumber: wikipedia

Kalau gitu derajat relasi itu apa?

Derajat relasi atau yang biasa disebut dengan kardinalitas merupakan relasi yang menunjukkan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain.

Derajat Relasi Minimum-Maximum

Drajat relasi ini menunjukkan hubungan (korespondensi) minimum yang boleh terjadi dalam sebuah relasi antar entitas. Misalnya: pada relasi “bekerja untuk” pada entitas pegawai terhadap departemen Derajat relasi minimumnya adalah satu. Dalam arti lain, setiap pegawai minimal harus memiliki sebuah relasi terhadap Departemen, atau setiap pegawai selalu memiliki tempat di mana dia bekerja. Notasi (x,y) pada relasi menunjukkan derajat minimum (x) dan derajat maksimum (y) pada sebuah relasi. Partisipasi total bisa dinotasikan dengan memberikan derajat relasi minimum (x) = 1.
Umumnya ada 4 macam derajat relasi, yaitu:

Satu ke satu (one to one)

1-1 yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B, dan begitu juga sebaliknya setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas A.

Satu ke banyak (one to many)

1-N berarti bahwa setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas A.

Banyak ke satu (many to one)

N-1 mempunyai arti bahwa setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas B.

Banyak ke banyak (many to many)

Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B dan demikian juga sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A.
Nah, itu dia pembahasan mengenai derajat relasi.

Semoga anda bingung dengan apa yang telah saya jelaskan dalam artikel kali ini. Sebab dengan anda bingung saya telah berhasil menguasai ilmu yang saya pelajari dari kakak tingkat saya. Ilmu apakah itu?
Ilmu membingunkan orang. :D

Sekian dulu pembahasan mengenai derajat relasi. Sampai jumpa lagi dalam artikel selanjutnya.

Wassalamualaikum...

0 komentar:

Posting Komentar