3/18/2015 12:10:00 PM
0
pemodelan data dan basis data relationship
Asslamualaikum...

Minggu ini, tepatnya minggu ketiga perkuliahan basis data membahas mengenai Pemodelan Data dan Basis Data Relationship. Sekedar informasi aja nih, ternyata perkuliahan dangan matakuliah Basis Data ini sangat penting untuk kita pelajari secara mendalam.

Why?
Saya yakin setiap orang mempunyai data dalam mengarungi kehidupan ini, baik itu data fisik maupun data digital. Atas dasar itulah sangat penting bagi kita khususnya dibidang IT mengerti ilmu tentang basis data. Dengan menguasai ilmu ini maka kita dapat mengolah data kita secara terstruktur. Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi kegunaan ilmu ini. Tapi pada kali ini saya akan membahas sesuai judul postingan ini “Pemodelan Data”.

Apa itu Model Data?

Model Data merupakan Perangkat konseptual untuk menggambarkan data, hubungan data, semantik(makna) data dan batasan data.
Ada 2 konsep Memodelkan Data, yaitu :

Model Data Berbasis Objek

Himpunan data dan relasi yang menjelaskan hubungan logik antar objek.
Model Data Berbasis Objek di bagi menjadi 2 Bagian yaitu :

1. ERD ( Entity Relationship Model)

ERD merupakan kepanjangan dari Entity Relationship Model yaitu Merupakan model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan presepsi bahwa real word (dunia nyata) terdiri dari objek-objek dasar yang memnpunyai hubungan / relasi antara objek tersebut.

2. Semantik

Merupakan model data berbasis objek yang tidak dinyatakan dengan simbol tetapi menggunakan kata-kata dalam menggambarkan relasi antar objeknya, tetapi hampir mirip dengan ER – Model.

Model Data Berbasis Record

Model ini mendasarkan pada record untuk menjelaskan kepada user tentang hubungan logik antar data dan basis data.
Model Data Berbasis Record di bagi menjadi 3 Bagian, yaitu :

1. Relation Model

Pada model relational data serta hubungan antar data dipresentasikan oleh sejumlah tablel dan masing – masing table terdiri dari beberapa kolom yang dinamakan unique.

2. Hierarki Model

Pada Hierarki model data atau hubungan antar data dipresentasikan oleh record dan link (pointer), dan record – record tersebut disusun dalam bentuk pohon (tree) dan masing masing node merupakan record/group data elemen dan memiliki hubungan cardinatilas 1: 1 ( one to one) dan 1:M ( One To Many).

3. Network Model (Model Jaringan)

Model jaringan mirip dengan hierarkis model, yaitu data atau hubungan data dipresentasikan dengan menggunakan record dan links, perbedaannya adalah pada hubungan cardinalitas yang menyatakan 1:1 (One o One), 1:M (One to Many), dan N:M (Many to Many).

Nah itulah penjelasan mengenai pemodelan data. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama yang membutuhkan ilmu ini.
Selanjutnya mari kita bahas materi yang berkaitan dengan pemodelan data, yaitu Basis Data Relationship.

Silahkan klik link diatas bila ingin membacanya dan terimakasih sudah menyimak.



Wassalamualaikum....

0 komentar:

Posting Komentar