3/04/2015 11:08:00 AM
0
Assalamualaikum....
Kali ini pembahasannya yaitu mengenai Basis Data. Bingung saya mau nulis apaan. L langsung aja dah...
basis dataApa itu Basis Data?
Menurut agan agan apa hubungannya materi ini dengan gambar disamping?
Iya itu, lemari pakaian...
#gaya standup dodit :D
Yup benar sekali...
Lemari pakaian merupakan gambaran secara nyata yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya anda mengerti bentuk dari suatu lemari. Ada pembatas ataupun rak-rak yang berfungsi untuk membedakan satu dengan yang laiinya baik itu jenisnya, fungsinya maupun ukurannya. Nah, dari hal itu mungkin anda dapat menyimpulkan apa itu yang dimaksud Basis Data .
Basis data merupakan suatu wadah yang berfungsi untuk menyimpan data dimana data tersebut disimpan secara sistematik sehingga memudahkan dalam pencarian data maupun informasi.

Dalam kalimat tersebut terselip kata data dan informasi. Berikut ini penjelasannya:
Data merupakan sesuatu pernyataan yang diterima dengan apa adanya dan belum mempunyai arti bagi penerimanya sehingga masih memerlukan pengolahan. Data bisa berbentuk suatu keadaan, objek, kejadian ataupun konsep.

Sedangkan Informasi merupakan kumpulan suatu data yang telah diproses sehingga data tersebut mempunyai arti bagi penerimanya.

Operasi Basis Data
Create database
Operasi yang berfungsi untuk membuat basis data baru. Dalam contoh kasus diatas yaitu membuat lemari baru untuk menampung barang.
Drop database
Operasi ini berfungsi untuk menghapus basis data.
Create table
Befungsi untuk mebuat table yang secara realnya yaitu membuat sekat-sekat ataupun rak dalam suatau lemari untuk menyimpan data secara terstruktur.
Drop table
Berfungsi untuk menghapus table
Insert
Pengisian data baru yang identik dengan menambah komponen barang dalam lemari.
Retrive / search
Pengambilan data yang identik dengan mencari barang yang ada dalam lemari.
Update
Mengubah data yang identik dengan perbaikan barang-barang yang ada dilemari.
Delete
Menghapus data, sama halnya membuang suatu barang yang ada dalam lemari

Objectif Basis Data
Speed (kecepatan)
Pemanfaatan basis data memungkinkan kita untuk dapat menyimpan data atau melakukan perubahan/manipulasi terhadap data atau menampilkan kembali data tersebut dengan lebih cepat dan mudah

Space (efisiensi ruang penyimpanan)
Mengurangi data yang bertumpuk.

Accuracy (keakuratan)
penerapan aturan/batasan (constraint) tipe data, domain data, keunikan data, dan sebagainya, yang seara ketat dapat diterapkan dalam sebuah basis data, sangat berguna untuk menekan ketidakakuratan pemasukan/penyimpanan data.

Availability (ketersediaan)

Security (keamanan)
menentukan siapa-siapa (pemakai) yang boleh menggunakan basis data beserta objek-objek  di dalamnya dan menentukan jenis-jenis operasi apa saja yang boleh dilakukannya.

Sharability (kebersamaan pemakaian)

Dari apa yang saya tuliskan diatas dapat kita simpulkan bahwa pentingnya penggunaan basis data untuk menyimpan data-data secara rapi dan tersruktur sehingga memudahkan kita untuk mencari data tersebut.
Lihat aja tu lemari agan agan kalok diisi dengan barang yang tidak tersusun dengan terstruktu, pasti bikin kepala pecah bila ingin mencari barang yang kita butuhkan.

Pada intinya Basis Data itu sama halnya dengan lemari ataupun rak-rak yang kita gunakan untuk menyimpan barang.Cuma beda dunia aja, nah lo... merinding dah.. :D

Sekian dulu pembahasan mengenai basis data. InsyaAllah minggu depan saya akan membahas materi ini lebih dalam lagi. So... tetep kunjungi terus blog yang sederhana ini. J

Wassalamualaikum......

0 komentar:

Posting Komentar