Ticker

6/recent/ticker-posts

php for desktop

php for deskstop
Assalamualaikum...
PHP for desktop???
Kedengerannya annehhh.....
Mau berbagi kisah dulu dah sama para bloger. :D Jogja satu minggu ini hujan muluk..
Jemuran ane dah tiga hari gak kering-kering. L
Syukuri aja dah.. J
Sekian kisahnya, mari ke topik pembahasan... J

Nah lo para programer web, udah tau kah mengenai php yang bisa digunakan untuk aplikasi desktop?
Kalok belum tau  ni gua mau berbagi pengetahuan sama lu lu pade. Hehe...
Sebelumnya ane minta maav ni ya kalok bahasa ane gak karu-karuan. Lagi mumet soale... :D
Kembali ke pokok pembahasan ya gan...
Sebelumnya saya juga tidak tahu menahu mengenai PHP yang tidak hanya digunakan untuk aplikasi berbasis web. Belum lama ini saya diberitahu oleh kakak angkatan saya kalau PHP itu bisa juga digunakan untuk membangun aplikasi berbasis desktop.
Gimana ceritanya???
Simak terus sampai abis, gas puollll... haaa
Nah, pada dasarnya PHP itu diperuntukkan untuk membangun aplikasi berbasis web . Bukan hanya PHP saja, tapi masih banyak lagi bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web.
Namun saya tidak terlalu bertumpu hanya pada satu bahasa saja dalam membuat aplikasi berbasis web. Apa saja yang saya gunakan?
Yup benar sekali, yang paling utama yaitu HTML. Karna html lah yang merancang interfacenya bersama dengan css. Sedangkan php berperan pada sistem yang ada didalamnya. Namun ada kalanya saya menggunakan javascript ataupun pengembangan dari javascript. Misalnya saja AJAX ataupun JQUERY.
Pembahasan kali ini bukan pada aplikasi berbasis web melainkan berbasis desktop. Yang jadi pertanyaan bisakah bahasa pemrograman yang telah saya sebutkan diatas mampu menciptakan aplikasi berbasis deskstop.
Jawabanya adalah bisa!
Tau darimana?
Karna saya sendiri telah mencobanya untuk membuat aplikasi desktop. J
Bagaimana caranya?
Disini saya menggunakan sebuah tool yang bisa menggenerate bahasa pemrograman web menjadi sebuah file exe.
Jadi pertama-tama yang harus dilakukan yaitu membuat aplikasinya sama halnya seperti kita membuat aplikasi berbasis web. Namun tentunya kita sesuaikan tampilannya seperti aplikasi desktop pada umumnya.
Setelah program yang kita buat selesai maka langkah selanjutnya yaitu merubah aplikasinya menjadi aplikasi berbasis desktop. Untuk mengubahnya menjadi file exe saya menggunakan tool yang bernama exeoutput for php.

tool untuk menggenerate file php menjadi file exe
Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi tool yang dapat digunakan untuk menggenerate file-file php menjadi file exe. Namun saya tidak membeberkannya disini. Anda bisa mencarinya di google. Hehe, maav ya...
Sampai sini aja ya, dilihat dari judul artikel ini saya hanya berbagi pengetahuan mengenai php yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi berbasis desktop. Bukan tutorial mengenai bagaimana cara merubahnya. Hehe

Anda bisa mencari tutorialnya di google. Anda tau google kan? Hehe
Apa si yang gak diketahui sama mbah google... haaa
Namun jika anda ingin tau selengkapnya mengenai tutorial pembuatanya anda bisa berkunjung lagi ke blog saya dikemudian hari. Berharap saja saya ada waktu untuk membuat tutorialnya. J
Sekian dari saya,
Terimakasih yang sudah menyimak artikel saya yang acak-acakan ini. Semoga kesibukan tidak menghalangi saya untuk terus berbagi pengetahuan kepada sesama. J

Wassalamualaikum...

Posting Komentar

4 Komentar

  1. yg ini blm aku kuasai sob, mksh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, aku juga belom terlalu menguasai. Hehe
      sama gan...

      Hapus
  2. Di Jakarta masih hujan juga.
    Kirain php pemberi harapan palsu, hehe...

    Salam (h)
    http://alrisblog.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. banjir tu jakarta.. Haa
      Terimakasih udah ninggalin jejak. X-)

      Hapus