Ticker

6/recent/ticker-posts

Strategi Algoritma

Assalamualaikum…

Strategi Algoritma
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata Strategi  dan tidak asing pula ditelinga kita mendengar kata  Algoritma. Pada kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut yakni Strategi Algoritma. Materi tersebut akan saya bahas dengan dua tujuan. yaitu:

1. Agar anda yang ingin memasuki dunia Pemrograman mengetahui lebih lanjut lagi mengenai apa itu algoritma.

2. Sebagai kewajiban saya sebagai mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Strategi Algoritma yang diampu oleh Drs.Tedy Setiadi, M.T.

Apakah tugasnya?
Yaitu melakukan Refleksi  mengenai hal-hal yang didapat dan yang tidak dimengerti dari materi yang diberikan pada setiap pertemuan.
Mari kita kupas satu persatu mengenai Strategi Algoritma yang telah saya paparkan diatas.
Strategi Algoritma bersal dari dua kata, yaitu Strategi dan Algoritma.
Apa itu Strategi?
Taktik ataupun rencana yang cermat mengenai suatu hal untuk mencapai tujuan khusus ataupun tujuan yang diinginkan.
Apa itu Algoritma?
Langkah-langkah ataupun proses yang benar untuk memecahkan suatu masalah secara komputasi. Hal ini pernah saya share pada postingan sebelumnya yaitu mengenai Algoritma Pemrograman.

Dari kedua penjelasan tersebut maka Strategi Algoritma dapat diartikan sebagai Kumpulan metode atau tekhnik terbaik, tepat dan praktis untuk memecahkan masalah, yang dalam hal ini deskripsi metode atau teknik tersebut dinyatakan dalam suatu urutan langkah-langkah  komputasi yang benar dalam penyelesaian masalah. 

Dalam kehidupan ini kita dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Tentunya dalam setiap masalah itu ada langkah-langkah atau proses untuk menyelesaikanya. Namun suatu masalah itu dapat diselesaikan dengan berbagai cara. Disinilah peran strategi algoritma dibutuhkan, yaitu sebagai pengambilan langkah-langkah yang benar untuk menyelasaikan permasalahan tersebut.

Saya harap dari penjelasan yang telah saya paparkan diatas bermanfaat bagi anda yang ingin memasuki dunia pemrograman.
Kiranya cukup sekian yang dapat saya uraikan mengenai Algoritma Pemrograman. Ikuti kisah saya dalam mempelajari lebih lanjut lagi ilmu pemrograman dengan cara follow blog ini. Saya akan memaparkannya dalam artikel bertemakan Refleksi Strategi Algoritma.

Untuk melihat refleksi saya diminggu pertama silahkan baca artikel mengenai RefleksiStrategi Algoritma Minggu Pertama.


Wassalamualaikum…

Posting Komentar

0 Komentar