4/11/2014 02:05:00 PM
17
Pogram Menentukan Bilangan Prima
Assalamualaikum…

Sebelum membahas mengenai Pogram Menentukan Bilangan Prima, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu bilangan Prima.

Bilangan Prima

Sejatinya yang dimaksud dengan bilangan prima adalah bilangan yang habis dibagi dengan satu dan habis pula dibagi dengan bilangan itu sendiri. Sebagai contoh adalah bilangan 2 dan 3. Keduanya habis dibagi dengan satu dan habis pula dibagi dengan bilangan itu sendiri. Berbeda halnya dengan 4 dan 6. Selain habis dibagi satu dan bilangan itu sendiri, kedua bilangan tersebut dapat pula habis dibagi dengan bilangan lain. Bilangan 4 habis dibagi dengan 1,2, dan bilangan itu sendiri. Sedangkan angka 6 habis dibagi dengan 1,2,3, dan bilangan itu sendiri.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bilangan prima. Namun saya tidak akan membahas secara gamblang mengenai bilangan prima. Karna yang akan saya bahas pada artikel ini yaitu bagaimana cara membuat program menentukan bilangan prima menggunakan bahasa pemrograman C++.

Sebelum membuat programnya mari kita buat algoritmaanya terlebih dahulu.
Simaklah algoritma dibawah ini:

function Prima(input x : integer) boolean
{ Menguji apakah x bilangan prima atau bukan.
Masukan: x
Keluaran: true jika x prima, atau false jika
x tidak prima.
}
Deklarasi
k, y : integer
test : boolean
Algoritma:
if x < 2 then { 1 bukan prima }
return false
else
if x = 2 then { 2 adalah prima, kasus khusus }
return true
else
y
[√x]
test
true

Jika x lebih kecil dari 2 maka angka tersebut bernilai fale (bukan bilangan prima). Maka dapat dipastikan angka satu bukanlah bilangan prima. Setelah  diinputkan sebuah bilangan (x) maka pengecekan bilangan prima dimulai. Akan bernilai true (bilangan prima) apabila bilangan itu habis dibagi dengan 1 dan dirinya sendiri (2 pembagi).

Nah, setelah kita membuat algoritmanya, maka  langkah selanjutnya adalah membuat ataupun mengimplementasikan algoritma tersebut kedalam program.
Berikut ini sorce kodenya:

Note: saya membuat programnya menggunakan class. Untuk penjelasan mengenai class insyaAllah akan saya bahas dipostingan yang akan datang.

#include <cstdlib>
#include <iostream>
#include <math.h>
using namespace std;
class Prima{
      public :
             bool prima(int x);
      private :
              int x,y;
              bool test;
};
bool Prima::prima(int x){
if (x<2){
   return false;
   }
else
    if (x==2){
       return true;
       }
    else
        y=ceil(sqrt(x));
        test=true;
    while (test==true && y>=2){
          if (x % y ==0)
             test=false;
          else
              y=y-1;
          }   
    return test;
}
int main(int argc, char *argv[])
{   Prima a;
    int x;
    cout<<"Masukan bilangan : ";
    cin>>x;
   a.prima(x);
   if(a.prima(x)==0){
   cout<<x<<" bukan bilangan prima"<<endl;
   }
   else
   cout<<x<<" bilangan prima "<<endl;
    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}

Perlu diketahui bahwa dalam membuat program antara satu orang dan orang lainnya tiu bermacam-macam bentuknya. Terdapat banyak cara dalam menyelesaikan suatu masalah. Namun perlu diketahui pula bahwa cara dalam menyelesaikannya haruslah sesingkat mungkin, praktis dan benar. Untuk itu maka diperlukanlah sebuah strategi dalam membuatnya. Untuk itu mari kita tingkatkan strategi dalam menyusun algoritma sebuah program. Dimana menyususun sebuah algoritma itu haruslah meminimalisir terjadinya langkah yang mubazir.

Sekian penjelasan mengenai Pogram Menentukan Bilangan Prima dan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Baca mengenai  agar lebih mengerti mengenai satrategi algoritma. 


Wassalamualaikum….

17 komentar:

  1. wah cocok banget ini mas agar ilmu matematika nya bisa mantap ya dengan belajar bilangan prima ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaa.... bisa jadi tu mbak... :d :))

      Hapus
  2. hehe.. agak rumit yahh :)
    btw blog akan udah saya follow :) ditunggu follbecknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan rumit gan kalau belum biasa... :d
      sip.., :)

      Hapus
  3. Kebetulan ponakan2 saya bidang-nya matematika mas, biar tak suruh belajar disini aja yaa...
    Terima kasih sudah berbagi ya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaa....
      bolleh-bolleh...
      ntar tak bikinkan programnya., biar pinter matematikanya... :d 8-)

      Hapus
  4. Penting banget nih mas..heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting bagi yang membutuhkan mbak,,
      bagi yang gak butuh ya gak penting.. :d
      terimakasih... :)

      Hapus
  5. gak pernah bisa nyambung sama beginian @-)
    nyimak aja deh (h)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok gitu gan... :d
      okke dah, sip... [-(

      Hapus
  6. bookmark dulu siapa tau penting nanti kelas 2 wkwk
    http://zoefar.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. haa....
      boleh gan, silahkan... :)

      Hapus
  7. With greetings from Belgium...have a great weekend overthere...

    http://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks,
      greetings from Indonesia... :d

      Hapus
  8. ternyata ribet juga yah, nentuinnya..
    Ishmah baru tahu euy! :)

    BalasHapus