4/03/2013 12:33:00 AM
0
Hello kawan-kawan...
kali ini saya akan memberikan sebuah iformasi seputar candi borobudur.
Info ini saya peroleh ketika saya membaca selembar koran harian Jogja  yang bertopikkan Borobudur Dibangun Tanpa Semen.
          Baiklah langsung saja kita bahas.
seputar tentang candi borobudur
Tentunya kawan-kawan semua sudah tak asing lagi mendengar candi borobudur. Yap benar sekali, candi ini terletak di kawasan magelang yang mana candi ini merupakan salah satu objek populer dikalangan pelajar maupun umum baik itu dikawasan dalam negri maupun luar negri.
          Candi ini terletak sekitar 40 km (25 mil) barat laut dari jogja. Borobudur berdiri di bukit pada dataran yang dikelilingi dua pasang gunung kembar, yaitu gunung sundoro-sumbing di sebelah barat laut dan merbabu-merapi disebelah timur laut. Disebelah utaranya terdapat bukit Tidar,lebih dekat di sebelah selatan terdapat jajaran perbukitan Menoreh. Candi ini pun terletak diantara 2 dua sungai, yaitu sungai Progo dan sungai Elo di sebelah timur.
 Dikutip dari sejumlah sumber, diantarnya wikipedia.org Borobudur adalah sebuah candi Budha yang didirikan sekitar tahun 800-an masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi tersebut terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat 3 pelataran melingkar. Pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 aeca Buddha. Wohoho...banyak sekali ya sob.
Stupa utama terbesar Borobudur terletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini. Stupa ini dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna. Monumen itu merupakan model alam semesta dan dibangu sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju perncerahan dan kebijaksanaan sesuai yang ajaran Buddha.

Hadeh,,, capek juga ni sob ngetiknya. Udah jam 00.17 lagi dan besok kuliahnya masuk pagi. dilamjut besok aja ya kawan.
untuk selengkapnya baca DI SINI ya kawan.
Okkey...
Tofariyadi

0 komentar:

Posting Komentar