3/22/2013 11:14:00 AM
2
                                     Tugas ilmu budaya dasas

Nama    : Tofa Riyadi
Nim       : 12018138
Kelas     : C



PROBLEMATIKA

 1>          Mungkinkah kedepan alat transportasi darat dan laut hilang diganti
dengan alat trasportasi udara? Berilah alasan!
 2>     Persoalan apa saja yang mungkin muncul jika kemungkinan itu terjadi?
 3>     Kemungkinan apa saja yang trjadi terhadap kelestarian lingkungan
          kita?



Transportasi Masa Depan dengan Teknologi Moderen


Jawab

Menurut saya tidak mungkin alat transportasi darat dan laut itu hilang secara keseluruhan. Setiap negara itu mempunyai agreditas masing-masing pada kemajuan suatu negara negara tersebut. Untuk negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Jerman dll itu sangat mungkin terjadi. Namun apakah di negara miskin yang beragreditas sedang berkembang bahkan tidak berkembang sama sekali hal itu akan terwujud?
Kita dapat melihat dengan seksama negara-negara miskin di benua Afrika. Dengan pendapatan penduduk pertahun yang jauh dibawah standar apakah hal itu mungkin terjadi di belahan bumi bagian Afrika? Tentu perlu suatu keajaiban bagi penduduk benua Afrika untuk  memunculkan hal itu. Ditinjau dari sumber SDA hal itu sulit untuk terwujud. Seperti yang kita ketahui, Sumber Daya Alam semakin hari semakin habis bahkan mengakibatkan perekonomian negara-negara maju terguncang. Sebagai contoh adalah negara Spanyol, Negara yang terkemuka ini sedang dilanda krisis ekonomi yang tidak kunjung usai. Menurut berita yang saya dapat, negara tersebut terpaut utang dengan bank dunia dengan kisaran jumlah yang tidak sedikit. Bisa dibayangkan jika negara tersebut memenuhi tuntutan untuk ikut berpartisipasi menghilangkan alat transportasi darat dan lautnya. Mungkin negara itu akan runtuh dengan sendirinya. Bukan hanya negara maju seperti spanyol saja, namun masih banyak negara maju yang sedang dilanda krisis ekonomi yang terus menerus. Dari sedikit penjelasan saya diatas apakah kemungkinan hal tersebut akan terjadi? Perlu keajaiban untuk semua itu, namun itu akan terjadi jika yang maha kuasa telah bekehendak.Tidak ada yang bisa menghalangi jika Allah SWT menginginkan hal tersebut terjadi dimuka bumi ini.
               


Jika pertanyaan tersebut diganti dengan
Mungkinkah kedepan alat transportasi udara akan mendominasi dari pada alat transportasi darat dan laut?
Hal itu akan berbeda dengan penjelasan yang telah saya paparkan diatas.
Jika itu yang ditanyakan tentu saya akan menjawab mungkin.
Kenapa?
Seperti yang kita ketahui bahwa banyak rumor yang beredar tentang alat transportasi udara tersebut yang digadang-gadang akan merajai pasar dunia. Dengan desain yang dan kegunaan alat tersebut tentunya akan membuka hasrat bagi penduduk dunia untuk memilikinya. Tidak diragukan lagi jika penduduk yang tinggal dikalangan kota yang telah mempunyai taraf hidup diatas rata-rata akan berbondong-bondong ingin merasakan teknologi modern tersebut. Namun jika dilihat dari segi lingkungan teknologi tersebut kurang baik untuk lingkungan.
Mengapa?
Tentunya teknologi ini akan memakai bahan bakar yang dapat mempercepat kerusakan alam. Diawal pemakaian teknologi tersebut memang tidak terasa, namun apakah 1 atau 2 tahun kedepan tidak ada efek yang ditimbulkan dari teknologi tersebut? Tentu saja ada, yaitu pencemaran udara yang semakin parah dan tentunya akan mempercepat kehancuran bumi kita ini. Pastinya akan timbul banyak persoalan yang harus dipecahkan dengan adanya transportasi modern tersebut. Seperti desain lalu lintas udara, melingkupi jalur lintas, pemasangan tanda-tanda tertentu, batas ketinggian dan lain sebagainya. Karna tidak mungkin alat itu akan berfungsi dengan efektif apabila tatanan lalu lintasnya tidak tersusun dengan baik. Persoalan dari produksi alat transportasi tersebut harus dapat dituntaskan dengan cepat, seperti penggunaan bahan untuk membuat alat transportasi tersebut. Tentunya bila harga alat transportasi tersebut tidak sesuai dengan angka pendapatan penduduk dunia per tahun tentunya alat tersebut hanya dapat digunakan oleh kalangan orang-orang tertentu saja. Sedangkan untuk kalangan orang biasa hanya dapat melihat saja tanpa bisa untuk ikut merasakan alat tersebut untuk keperluan sehari-hari.
Cukup sekian penjelasan yang dapat saya uraikan dari 3 pertanyaan diatas.

Terimakasih...


2 komentar:

  1. kalo ane percaya gan nanti ke depannya kendaraan bakalan memakai jalur udara, karena di beberapa negara eropa sudah ada yang menciptakan mobil yang bisa terbang :)

    BalasHapus
  2. ya kalau pendapat tentunya berbeda-beda gan antara satu dengan lainya. Kalaupun memang dapat terwujud moga aja gak ada yang tabrakan diudara. [-(

    BalasHapus