3/17/2013 01:57:00 PM
0


jumpa lagi dengan saya, mr tofa riyadi. sejak kapan ya aku dipanggil mr...??? ha....
langsung saja bro, bagi anda yang ingin tau macam-macam bisnis online mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.
Apa tujuan Anda ngeblog?
sekedar hobby, penyaluran bakat, ajang curhat atau cari duit?
Jika tujuan kamu yang terakhir berarti pas sekali Anda membaca tulisan ini. Anda sebagai seorang blogger yang memiliki bakat menulis tentu saja tidak akan menyia-nyiakan bakat dan kesempatan ini. Bermodal sebiji komputer / laptop dan koneksi internet yang memadai, kita sudah bisa bergerak di bisnis ini. Anda yang tidak memiliki blog atau website pun bisa menjalankan bisnis ini.

Macam-macam bisnis online


Bisnis online, siapapun bisa melakukannya, baik Ibu rumah tangga, karyawan swasta, Mahasiswa, pelajar, Guru, pokoknya siapapun bisa, ya pastinya punya modal minimal komputer dan jaringan internet tadi. Banyak orang yang berhasil dalam pekerjaan ini, namun tidak sedikit pula yang gagal dan putus di tengah jalan. Saya tidak akan membahas mengapa kita gagal dan bagaimana cara agar berhasil dalam bisnis ini, karena memang bukan keahlian saya yang memang baru beberapa bulan mengenal dunia blogging apalagi yang namanya cari duit dari internet, hehehe.

Namun pada posting kali ini saya hanya akan membahas berbagai macam cara mencari duit dari internet tersebut. Siapa tahu bisa jadi referensi Anda para blogger dan Anda sering menggunakan internet untuk memilih bisnis online mana yang cocok ke depannya


Jenis-jenis bisnis online via internet.

1. Bisnis online sistem afiliasi dan sistem referral

Bisnis seperti ini semacam kerjasama dengan menjual produk atau jasa tertentu, jika terjadi deal, maka kita akan mendapatkan komisi beberapa persen tergantung perjanjian yang telah disepakati. Banyak produk yang ditawarkan, kebanyakan tidak berupa fisik seperti ebook. Namun ada juga berupa barang seperti produk elektronik, obat-obatan dan makanan. Ada yang perlu pakai modal dulu ada pula yang gratisan. 
Cara yang biasa dipakai adalah dengan memasang banner produk yang ditawarkan, ataupun review (menulis tentang produk, web, blog) tersebut. Agak berbeda dengan sistem afiliasi, sistem referral adalah dengan cara mengundang teman untuk bergabung memasarkan suatu produk. Semakin banyak teman "bawahan" kita, semakin banyak pula komisi yang kita dapat.

2. Bisnis dalam jasa blogging

Bisa saya sebutkan misalnya, jasa pembuatan blog, jasa pembuatan akun adsense, penjualan template / theme blog, bahkan sampai penjualan blog atau website itu sendiri.

3. Penjualan produk sendiri

Yup jika kita memiliki produk atau jasa yang kita kembangkan sendiri, kita bisa mengenalkan dan memasarkannya baik lewat sebuah blog maupun lewat jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

4. Bisnis online penerbit iklan (ads publisher) (PPC)

Bisa dibilang bisnis semacam inilah yang paling banyak digeluti dan diminati blogger tidak hanya di dunia namun juga di seluruh dunia. Mengapa? dari berbagai referensi yang telah saya baca, bisnis inilah yang paling menghasilkan. Selain tidak perlu memakai modal yang gede, pekerjaan kita hanya menulis di sebuah blog. Caranya ialah dengan mendaftarkan blog di suatu situs, kemudian menunggu, jika disetujui, maka kita akan diberi beberapa script iklan untuk dipasang di blog kita. Sebagai contoh ialah iklan PPC.
Banyak situs / broker iklan PPC baik lokal maupun yang sudah mendunia. seperti google adsense, infolinks, adbrite, nuffnang, chitika dll. Sedangkan untuk lokal Indonesia ada Kliksaya, adsensecamp, kumpulblogger, idblognetwork (IBN), Sitti dll. Pada kesempatan berikutnya mungkin nanti akan saya jelaskan satu-persatu mana yang terbaik dan cocok kira-kira untuk kita seorang blogger.
5. Bisnis PTC (Paid to Click)
Pay to Click adalah semacam bisnis bisnis online dengan system, kita akan dibayar jika kita mengklik iklan yang ditayangkan pada perusahaan PTC.  Jadi kita mendapatkan imbalan dari klik iklan yang kita kerjakan. Jumlah iklan dan besarnya imbalan ditentukan perusahaan PTC tersebut. Kebalikannya dengan PPC, komisi yang kita dapat jika pengunjung blog yang klik iklan. Namun PTC kita sendiri lah yang mengklik iklan tersebut. Namun kita perlu berhati-hati, karena kebanyakan bisnis semacam ini adalah scam alias penipuan dengan tidak membayar. 

Demikian berbagai macam bisnis online, sebelum anda memilih, pastikan mana yang lebih sesuai untuk Anda. Jika Anda memiliki blog dengan kunjungan yang tinggi bisa mencoba bisnis PPC. Jika anda tidak memiliki blog, Anda cukup membuat sebuah halaman facebook dan twitter untuk promosi produk Anda, dimana kedua jejaring sosial ini cukup banyak penggunanya di Indonesia. Anda belum punya blog? Silakan Buat blog di blogspot karena cukup mudah dan gratis. hehe,
tunggu perjalananku di artikel selanjutnya ya...
go...go...

0 komentar:

Posting Komentar