3/21/2013 09:18:00 PM
0
Kisah Abdullah bin Mas'ud dengan Kumandang Al-Qur'annya yang Mempesona
Siapa Abdullah bin Mas’ud itu...???

Abdullah bin Mas'ud tadinya hanya seorang anak gembala. Tak pernah ia berani berkata sesuatu pada para pembesar Quraisy. Jangankan mengatakan sesuatu, berjalan di depan mereka pun Abdullah bin Mas'ud harus berjingkat dan menundukkan wajah. Namun Islam mengembalikan kehormatan setiap orang. Setelah memeluk Islam, bukan saja merasa percaya diri, Abdullah bin Mas'ud berani mengajak mereka memeluk Islam dengan membacakan Al-Qur'an.
Abdullah bin Mas'ud adalah orang keenam yang memeluk Islam. Awal pertemuannya dengan Rasulullah Saw adalah saat Abdullah bin Mas'ud yang masih remaja sedang menggembala kambing. Ketika itu Rasulullah Saw dan Abu Bakar lewat kemudian Rasul Saw bertanya, "Hai anak, apakah kamu punya susu untuk kami minum?"
"Maaf, saya tidak bisa memberi Anda minum tanpa seizin tuan saya yang memiliki kambing-kambing­ ini," jawab Abdullah bin Mas'ud.
Rasulullah mengangguk sambil tersenyum. Kemudian beliau meminta ditunjukkan kambing betina yang mandul dan belum pernah dikawini kambing jantan. Rasul Saw berdoa dan kambing itu menghasilkan susu. Setelah itu Rasul Saw dan Abu bakar meminum susu, Abdullah bin Mas'ud pun tak ketinggalan! Lalu Rasul Saw berdoa dan susu kambing itu kempis seperti semula. Sebelum berlalu Rasulullah Saw berkata pada Abdullah bin Mas'ud , "Engkau akan menjadi seorang anak terpelajar."
Abdullah bin mas'ud bertubuh kurus dan kecil, namun suaranya sangat indah. Suatu hari ia mendatangi orang-orang Quraisy. Di depan mereka dibacakannya ayat-ayat Al-Qur'an. Ayat-ayat indah itu semakin menakjubkan bila dibacakan Abdullah bin Mas'ud. Mulanya orang-orang Quraisy terpana, namun ada yang beteriak bahwa itu adalah ayat Al-Qur'an yang dibawa Muhammad Saw, mereka memukuli Abdullah bin Mas'ud sampai babak belur. Sungguh pun demikian, bila tidak dicegah para sahabat Nabi yang lain, Abdullah bin Mas'ud berniat kembali keesokan harinya untuk berbuat hal yang sama.
Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang ingin mendengar Al-Qur'an tepat seperti diturunkannya, hendaklah ia mendengarkan dari Ibnu Ummi 'Abdin (Abdullah bin Mas'ud)! Barangsiapa yang ingin membaca Al-Qur'an tepat seperti diturunkan, hendaklah ia membacanya seperti bacaan Ibnu Ummi 'Abdin,!"


0 komentar:

Posting Komentar